Kue Cucur, Makanan Khas Betawi

Dibuat oleh : Angreian Reynady XIA2 / 3

Bayangkan kamu sedang berada di pasar lalu kamu mencium aroma manis khas gula merah yang bercampur dengan wangi pandan

"Wuihh wangi enak apa ini?" Benakmu

Lalu kamu pun melihat kesamping dan melihat gerobak ini
Yap Kue Cucur!

Siapa sih yang tidak mengenal jajanan pasar legendaris yang satu ini? Makanan yang terbuat dari gula merah, tepung beras dan daun pandan ini memang sudah melegenda di Indonesia, terutama di daerah Jabodetabek.

Menurut Wikipedia, kue cucur adalah "Makanan pencuci mulut yang terbuat dari tepung beras dan gula aren". Di Wikipedia juga ditulis loh bahwa kue ini tidak hanya populer di Indonesia, tetap juga di Malaysia dan Thailand. Di Jakarta, kue cucur termasuk makanan adat sehingga wajib dihidangkan di acara adat Jakarta.

Dari bahannya saja kita dapat membayangkan rasanya. Rasa khas dari gula merah berpadu dengan wangi daun pandan menghasilkan makanan dengan rasa yang manis serta tekstur yang empuk. Hmm membayangkannya saja sudah bikin ngiler. Daripada hanya membayangkan, lebih baik kita mencoba membuatnya.

Penasaran dengan cara pembuatannya?
Yuk liat resep dibawah ini!

Resep kue cucur mudah dan lezat
Alat :
- Panci
- Mixer
- Saringan
- Kompor
- Wajan
- Kompor
- Wadah
- Whisk
- Sendok Sayur
Bahan :
- 125 gr tepung beras
- 100 gr terigu
- 130 gr gula merah
- 50 gr gula pasir
- 200 ml air
- 1 lembar daun pandan
- ¼ sendok teh garam

Langkah :
1. Rebus gula merah, gula pasir, air dan daun pandan hingga hangat
2. Campurkan tepur beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan campuran gula merah, gulah pasir, air, dan daun pandan tadi dengan cara disaring.
3. Aduk adonan dengan mixer selama 5 menit dengan kecepatan rendah.
4. Diamkan adonan selama 15 menit. Setelah aduk adonan kembali menggunakan whisk. Bila adonan terasa terlalu kental dapat ditambahkan air hingga kekentalan adonan sesuai. Berikut kira-kira kekentalan adonan yang sesuai :

5. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Kocok kembali adonan dengan whisk sebelum dimasak
6. Tuang satu sendok sayur adonan ke dalam minyak. Tusuk bagian tengahnya dengan lidi. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar dari cucur tandanya cucur sudah matang
7. Tiris minyak lalu hidangkan. Jangan lupa taruh daun pandan yang sudah dipotong kecil-kecil diatasnya sebagai hiasan. Kue cucur pun siap dinikmati!

Bagaimana, mudah kan membuatnya?
Yuk langsung coba membuat kue cucur dengan resep ini! Waktu pembuatannya hanya memerlukan waktu yang sebentar dan bahannya pun mudah didapat. Rasanya? Dijamin enak!

Mungkin seperti ini reaksi kamu nanti ketika memakannya
Hehe hanya bercanda

Shoutout to :

Komentar